Hari Ke-3 SIN OPEN : Kejutan Firda, Perlawanan Pia dan Ganasnya Vita/Lily

June 12, 2008 at 3:51 pm (Badminton) (, , , , , , )

Pada hari ketiga turnamen SIN OPEN ini, terus muncul kejutan2. Yang Paling menghebohkan mungkin adalah kekalahan unggulan pertama asal Prancis Hongyan PI dari tunggal putri Indonesia Adrianti Firdasari melalui pertarungan ketat selama tiga game. Firda unggul di game yang pertama dengan keunggulan 21-16,sementara lawannya berhasil memenangkan game kedua 20-22, sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke game ketiga. Pada game penentuan ini Firda lebih dulu tertinggal 11-14, tetapi pada angka ke-15 dia berhasil menyusul dan terjadilah kejar mengejar angka sampai Firda menutup game ini dengan skor 21-16. Skor total 21-16 20-22 21-16.

Sementara itu rekan Firda, Pia Zebadiah BERNADET gagal mengikuti jejak seniornya di pelatnas itu. Dengan kronologis yang hampir sama dengan Firda di game pertama dan kedua saat melawan tunggal pertama Hongkong yang juga unggulan ketiga WANG Chen, ternyata tidak diikuti dengan cerita serupa di game ketiga. Unggul di game pertama dan kalah di game kedua, Pia sebenarnya lebih dulu unggul di set ketiga10-8. Namun selepas pertengahan game Wang Chen berhasil membalikkan keadaan sampai akhirnya memenangkan game ketiga. Skor akhir 15-21 21-15 21-18

Apapun hasilnya perjuangan Pia ini patut diacungi jempol. Pia yang saat ini hanya berperingkat 89 dunia mampu merepotkan bahkan hampir mempecundangi peringkat 7 dunia, tentu sudah merupakan prestasi sendiri. Apalagi saat ini usianya masih muda (19 tahun). Dengan pembinaan yang tepat, kelak dia akan bisa menjadi andalan bulutangkis putri Indonesia yang mengalami masa kelam pasca Susi Susanti dan Mia Audina.

Pada nomor tunggal putra, wakil satu-satunya Indonesia yang tersisa Simon SANTOSO berhasil maju ke perempat final. Melawan Shoji SATO dari Jepang, Simon yang merupakan unggulan ke-6 menang dua game langsung 21-19 21-14. Di perempat final besok Simon akan berhadapan dengan pemain Malaysia Sairul Amar AYOB.

Sementara itu di nomor ganda campuran Indonesia hanya menyisakan satu pasangan saja untuk melaju ke babak perempat final. Hal ini terjadi setelah pasangan Muhammad RIJAL/Greysia POLII gagal melewati hadangan pasangan Denmark Rasmus BONDE/Helle NIELSEN dan menyerah dua game langsung 18-21 18-21 Rijal/Greysia tidak berhasil mengikuti jejak senior mereka Nova WIDIANTO/Liliyana NATSIR yang berhasil mengkandaskan pasangan Yi Goo KWON/Jung Eun HA dengan skor 21-12 21-15. Di babak perempat final besok Nova/Lily yang merupakan unggulan pertama akan bertemu kembali dengan rival mereka dari Thailand yang merupakan unggulan ke-5 dalam turnamen ini Sudket PRAPAKAMOL/Saralee THOUNGTHONGKAM. Partai ini dipastikan akan sangat seru mengingat cerita-cerita pertemuan mereka sebelumnya.

Pada nomor ganda putri, pasangan Vita MARISSA/Liliyana NATSIR tidak menemui perlawanan berarti dari ganda putri tuan rumah Jing Qiong MOK/Shi Yan Samantha NEO dan menang dengan skor telak 21-5 21-11. Di perempat final besok Vita/Lily akan bertemu dengan ganda putri Inggris Gail EMMS/Donna KELLOGG. Partai ini juga akan sangat seru karena Vita/Lily sebagai unggulan ke-5 ada di peringkat 9 dunia sementara Emms/Kellogg adalah unggulan ke-4 yang mempunyai peringkat dunia 7.

Sementara itu pertandingan malam memberikan duka pada kubu merah putih dimana lima wakil Indonesia berguguran. Pasangan Jo NOVITA/Greysia POLII kalah dari ganda Korea Selatan Jung Eun HA/Min Jung KIM 10-21 21-16 15-21. Begitu juga dengan rekannya Rani MUNDIASTI/Endang NURSUGIANTI kalah dari pasangan Denmark unggulan ke-8 Lena FRIER KRISTIANSEN/Kamilla RYTTER JUHL 19-21 19-21. Dua kekalahan ini membuat Vita/Lily menjadi satu-satunya wakil Indonesia di perempat final ganda putri.

Untuk Ganda Putra, kondisi yang terjadi lebih mengenaskan lagi. Ketiga wakil Indonesia kalah di babak kedua ini. Yonatan Suryatama DASUKI/Rian SUKMAWAN dikalahkan pasangan Malaysia Mohd Zakry ABDUL LATIF/Mohd Fairuzizuan MOHD TAZARI 18-21 12-21. Alvent Yulianto CHANDRA/Luluk HADIYANTO kalah dari ganda Malaysia juga Chong Ming CHAN/Choon Eng CHEW. Sedangkan pasangan Muhammad AHSAN/Bona SEPTANO kalah setelah perjuangan yang sangat gigih dari ganda China unggulan ke-6 Zhendong GUO/Zhongbo XIE.

Jadi ringkasan dari semua ini adalah bahwa wakil kita yang tersisa dan akan bertanding besok adalah:

Nova Widianto/Lilyana Natsir vs Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam[THA]
Adrianti Firdasari vs Saina Nehwal[IND]
Simon Santoso vs Sairul Amar Ayob[MAS]
Vita Marissa/Lilyana Natsir vs Gail Emms/Donna Kellogg [ENG]

Semoga mereka mampu bertahan dan menjadi juara.

Maju Terus Indonesia!!!

dhian_adhi

1 Comment

  1. diLLa MariSSa said,

    wah,,,,,
    mri Q-ta do’akn mga p’maen indonesia bsa mnjuari sin open,,,,,
    amin,,,
    go…indonesia…go..
    indonesia,,,,idonesia,,,indonesia,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: