Catatan Euro 2008 Hari Keempat dari Grup D

June 12, 2008 at 1:45 am (Soccer)

Spanyol vs Rusia

Babak pertama dengan tempo tinggi. Rusia menekan sejak menit pertama dan beberapa kali membahayakan gawang Iker Casillas. Sekilas tampak bahwa Rusia lebih menguasai permainan. Dengan permainan yang menunjukkan determinasi tinggi rusia menyerang dengan permainan yang cepat. Namun, justru karena permainan menyerang itu, banyak celah di pertahanan Rusia yang mudah ditembus saat serangan balik terjadi. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh Spanyol. Dengan serangan balik yang tidak kalah cepat Spanyol berhasil mencetak dua gol. Keduanya dibuat oleh orng yang sama yaitu David Villa.

Gol pertama terjadi karena tusukan dari Fernando Torres. Pemain Rusia secara otomatis mengawal ketat semua pergerakannya. Namun Torres melihat pergerakan Villa dari belakang dan memberikan umpan tarik dan dalam kondisi bebas Villa menceploskan bola ke gawang Igor Akinfeev. Sementara itu gol kedua tercipta karena kecerdikan Andres Iniesta datam memberikan umpan terobosan. Jebakan offside yang dipasang oleh bek Rusia gagal dan Villa yang maju, berdiri bebas menerima umpan dan hanya berhadapan dengan penjaga gawang dan langsung mencetak gol.

Rusia sebenarnya mempunyai peluang lewat Roman Pavlyuchenko tapi tendangan dari luar kotak penaltinya masih menyentuk tiang kanan gawang casillas. Begitu juga dengan peluang lain hanya bisa menyentuh mistar gawang.

Memasuki babak kedua, Rusia langsung menekan pertahanan Spanyol sesaat setelah dimulainya babak kedua. Namun rapatnya pertahanan El Matador yang digalang Carlos Puyol membuat usaha tim besutan Guus Hiddink tak membuahkan hasil.

Di menit 53, Luis Aragones membuat keputusan mengganti Fernando Torres dengan Cesc Fabregas. Sepertinya pelatih veteran Spanyol ini sudah puas dengan hasil 2-0 dan berniat untuk mempertahankan kedudukan dengan menguatkan barisan tengah dan belakangnya. Akan tetapi, bukan berarti kualitas serangan Spanyol menurun. Mengandalkan serangan balik, Spanyol tetap berbahaya dengan Villa sebagai tumpuan. Sepakannya di menit 58 nyaris memperbesar keunggulan bila Igor Akinfeev tak sigap menangkap bola deras kirimannya. Akinfeev juga berhasil mementahkan dua kesempatan Spanyol memperbesar keunggulan di menit 66. Yang pertama, ia berhasil meninju keluar bola sundulan Marcos Senna. Berikutnya, ia juga sukses menyergap first time David Silva, yang memanfaatkan bola liar di depan gawangnya.

Sementara Rusia terus menguji peruntungannya lewat tendangan Roman Pavlyuchenko. Namun kesigapan Iker Casillas di bawah mistar gawang Spanyol membuat semua peluang Rusia dari pemain jangkung tersebut tak berbuah hasil sesuai harapan.

Perjuangan Rusia menyamakan kedudukan semakin berat setelah Villa untuk kali ketiga berhasil menjebol gawang Akinfeev. Kali ini ia melakukannya di menit 75, memanfaatkan keroposnya lini belakang Rusia dan keterampilannya mengolah bola. Villa pun mencatat hattrik di pertandingan ini.

Meski tertinggal 3-0, Rusia masih menunjukkan performa tak kenal menyerah. Gol yang ditunggu akhirnya tercipta lewat kepala Roman Pavlyuchenko empat menit menjelang peluit panjang dibunyikan. Sergei Semak nyaris saja memperkecil ketertinggalan di menit 89 jika lebih cepat menendang bol ke gawang sebelum ruang tembaknya ditutup pemain belakang Spanyol. Setelahnya, Rusia malah kembali tertinggal tiga bola setelah Cesc Fabregas menjadikan skor pertandingan menjadi 4-1, memanfaatkan bola mentah tendangan David Villa dengan sundulannya. Skor tersebut menjadi hasil akhir laga ini dengan Spanyol sebagai tim yang keluar sebagai pemenang.

Sumber : RCTI, detiksport.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: