Catatan Hari Pertama Euro 2008 dari Grup A

June 7, 2008 at 11:08 pm (Soccer)

Swiss vs Rep. Ceko 0-1

Kedua tim bertanding sama baiknya. Tim tuan rumah mampu mengimbangi permainan dari tim unggulan Rep. Ceko dengan permainan yang disiplin, dengan tidak membiarkan pemain Ceko leluasa mengirim bola ke kotak penalti. Tidak adanya pengatur serangan seperti Thomas Rosicky atau Pavel Nedved membuat permainan Ceko kurang berkembang. Rosicky harus absen dalam turnamen ini dikarenakan cedera. Selain itu Ceko juga kehilangan penembak-penembak jitu dari luar kotak penalti. Tak ada satupun tendangan yang dilakukan di luar kotak 16. Babak pertama berakhir imbang dengan skor kacamata.

Sverkos rayakan gol ke gawang SwissPada babak kedua tim Swiss bermain dengan lebih baik. Ada beberapa peluang yang dihasilkan, tetapi peluang tersebut gagal menjadi gol disebabkan penyelamatan gemilang dari kiper Petr Cech dan ketidak beruntungan Swiss. Ada satu peluang dimana bola tendangan jarak jauh dimentalkan oleh Cech, lalu disambar oleh pemain Swiss, tetapi bola hanya mengenai tiang gawang dan selamatlah gawang Ceko. Selain itu Swiss juga seharusnya mendapatkan dua tendangan penalti dikarenakan tangan pemain belakang Ujfalusi dua kali terkena bola. Skor kacamata diakhiri oleh terciptanya gol pertama Euro 2008 oleh Vaclav Sverkos yang menggantikan Jan Koller di babak kedua dimana skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

Alexander Frei sesali tangisi cedera lututnyaHal yang menarik dari partai ini adalah cedera lutut yang dialami oleh penyerang sekaligus kapten Swiss, Alexander Frei. Tangisan Frei terlihat saat dibawa keluar karena praktis dia akan absen untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya karena cederanya cukup parah. Hal ini sangat merugikan Swiss karena Frei adalah andalan mereka di lini depan. Selain itu, pada partai perdana ini selain tercipta gol pertama oleh Sverkos, dikeluarkan pula kartu kuning pertama untuk pemain Swiss, Ludovic Magnin.

Portugal vs Turki 2-0

Partai yang sangat menarik. Kedua pelatih Luiz Felipe Scolari di kubu Portugal dan Fatih Terim di tim Turki sama-sama menganut sepakbola menyerang. Dari awal pertandingan kedua tim bergantian menguasai bola dan menyusun serangan. Lini tengah portugal yang dikomandani oleh Deco melawan lini tengah dari Turki yang dipimpin oleh sang kapten Emre Belozoglu. Permainan dari sisi sayap pun tak kalah menarik. Liukan Cristiano Ronaldo dan Simao di kubu Portugal berhasil merepotkan barisan pertahanan Turki. Sayang peluang yang terjadi di babak pertama gagal dimanfaatkan oleh pemain2 Portugal. Tandukan dari Pepe yang telah bersarang di gawang Turki dianulir oleh wasit. Begitu pula dengan peluang yang didapat oleh Ronaldo masih membentur tiang. Skor imbang bertahan sampai turun minum.

Babak kedua Portugal mulai meningkatkan tempo permainan. Serangan-serangan dari sayap mulai Aksi Pepe cetak gol pertamanya di timnas Portugalmenembus pertahanan turki. Tendangan Nuno Gomes masih membentur tiang, demikian juga tendangan Ronaldo setelah menusuk sisi kanan pertahanan Turki masih dapat ditangkap oleh kiper.Skor 0-0 berubah pada menit ke 61 melalui kombinasi satu dua antara Pepe dan Nuno Gomes. Pepe yang merupakan bek tengah ikut maju membantu serangan. Proses terciptanya gol : Pepe menerima bola, passing pendek ke Nuno, bola langsung dikembalikan lagi ke Pepe, dan dengan finishing touch yang bagus Pepe menyarangkan bola ke gawang Turki. Ini adalah gol pertama Pepe untuk timnas dari empat pertandingan yang diikutinya.

Setelah tercipta gol permainan portugal semakin menjadi-jadi. Namun peluang dari tandukan Nuno Gomes masih membentur mistar gawang. Turki pun beberapa kali melancarkan serangan namun selalu kandas di kaki Ricardo Carvalho dan Pepe yang bermain baik sekali pada pertandingan ini. Tendangan-tendangan Turki dari luar kotak penalti juga tidak menemui sasaran. Permainan Turki semakin tidak berkembang dengan masuknya Nani menggantikan Nuno Gomes dimana Nani menempati sayap kanan dengan menggeser Ronaldo ke tengah. Hal ini membuat pertahanan turki kacau karena striker-striker portugal terus bergerak tanpa ada yang menjadi target man. Kondisi ini berbuah tambahan gol untuk Portugal pada injury time menit ke 93 oleh pemain pengganti Raul Meireles yang masuk menggantikan Simao. Berawal dari giringan Ronaldo, diteruskan kepada Joao Moutinho dan diselesaikan oleh Raul Meireles. Skor akhir 2-0 untuk Portugal.

Sumber : RCTI

Foto : situs EURO 2008

<<<Prev OOO Next>>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: